Komunikasi Data

Data adalah semua/sekumpulan nilai yang berbentuk analog atau digital.
Informasi adalah  Nilai yang tidak beraturan dirubah menjadi kelompok-kelompok sendiri / dikelompokkan sendiri sesuai kebutuhannya.
Komunikasi data adalah Pertukaran informasi antar intitas satu ke intitas lain melalui media.



Jenis-Jenis Komunikasi Data:
  1. Source             : Awal informasi.
  2. Transmiter       :Mengirim informasi sumber.
  3.   Media              :Komponen penyampai informasi.
  4.  Receiver          :Penerima.
  5. Destination      :Tujuan.
Diagram Model Komunikasi Data.


Komunikasi data sederhana.


Metode Komunikasi Data :
  1. Simplex adalah komunikasi yang tidak memungkinkan penerima dan pengirim saling bertukar informasi. Pada komunikasi ini sinyal-sinyal dikirim hanya satu arah saja dalam waktu yang bersamaan. Karena melalui satu arah saja, komunikasi ini tidak terjadi secara interaktif, informasi hanya disampaikan melalui satu titik saja.
  2. Half Duplex :Metode ini memungkinkan komunikasi antara dua belah pihak yaitu pengirim dan penerima dapat saling berbagi informasi dan berkonukasi secara interaktif, tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan.
  3. Full Duplex :Metode ini memungkinkan komunikasi antar kedua belah pihak dapat saling berbagi informasi dan berkomunikasi secara interaktif dan dalam waktu yang bersamaan. Alat komunikasi yang menggunakan metode ini adalah telephone, handphone, dan sebagainya. Umumnya alat yang memanfaatkan metode komunikasi ini menggunakan dua jalur komunikasi.





Karakteristik Komunikasi data :
1)      Pengiriman.
Sistem harus mengirimkan data ke tujuan yang sesuai. Data harus diterima oleh perangkat yang dimaksudkan atau pengguna dan hanya oleh perangkat atau pengguna.
2)      Akurasi.
Sistem harus memberikan data yang akurat. Data yang telah diubah dalam transmisi dan meninggalkan sumber data  yang tidak dikoreksi tidak dapat digunakan.
3)      Ketepatan waktu.
Sistem harus mengirimkan data pada waktu yang tepat. Terlambat nya dikirimkannya data maka tidak akan berguna. Dalam kasus video dan audio, pengiriman waktu yang tepat berarti memberikan data seperti yang diproduksi atau seperti aslinya, dalam urutan yang sama ketika dibuat, dan tanpa penundaan yang signifikan. Semacam ini disebut pengiriman transmisi real-time.
4)      Jitter / Variasi Waktu.
Jitter mengacu pada variasi waktu kedatangan paket. Ini adalah keterlambatan yang tidak merata dalam pengiriman paket audio atau video.








No comments:

Post a Comment